RSS

Strategi Pengajuan Permohonan Kredit Perumahan dengan KPR

01 Apr

rumah uangBagi sebagian orang di tanah air yang kita cintai ini, termasuk saya, memiliki sebuah rumah adalah impian dan membutuhkan sebuah perjuangan panjang J. Salah satu cara untuk memenuhi satu dari tiga kebutuhan pokok tersebut adalah dengan cara “mencicil tiap bulan” melalui KPR. Saat ini banyak bank berlomba-lomba memberikan kemudahan syarat-syarat untuk mendapatkan persetujuan KPR. Tetapi kita akan tetap kesulitan bila kurang memahami cara mengajukan permohonan KPR tersebut pada pihak Bank.

Jika kita membeli rumah pada Pengembang Perumahan, biasanya proses pengajuan KPR anda akan otomatis diuruskan oleh Pihak Pengembang, karena beberapa dari Pengembang Perumahan telah memiliki jaringan kerjasama dengan Pihak Perbankan. Akan tetapi jika kita ingin membeli rumah pada Pemilik langsung maka kita harus mengajukan permohonan sendiri kepada pihak bank.

Berikut adalah syarat-syarat yang wajib anda miliki sebelum melakukan proses pengajuan permohonan KPR ;

Usia. Syarat usia anda tidak lebih dari 50 tahun ketika melakukan pengajuan permohonan KPR.

Dokumen Keuangan atau Slip Gaji. Sebagai kelengkapan syarat ini Pihak Bank akan meminta pula anda melampirkan Slip Gaji asli (bukan fotokopi), Surat Keterangan Bekerja pada suatu Perusahaan (anda minimal harus bekerja 2 tahun pada perusahaan tersebut), Catatan Rekening Bank (keadaan keuangan anda pada catatan rekening ini harus bagus minimal selama 3 bulan).

Jika anda wiraswasta, anda harus mempersiapkan Bukti Transaksi Keuangan usaha anda, Catatan Rekening Bank (seperti yang sudah dijelaskan diatas), NPWP (nomor pokok wajib pajak), SIUP (jika usaha anda di bidang perdagangan, atau surat ijin usaha yang lainnya jika usaha anda selain perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan). Jika anda seorang professional, hal yang tersebut diatas ditambahkan dengan Surat Ijin Praktek, misal profesi anda seorang Dokter.

Dokumen Rumah dan Tanah. Dokumen ini akan dijadikan jaminan oleh Bank selama anda melakukan proses kredit trhadap bank tersebut. Kelengkapan dokumen ini adalah, Sertifikat Tanah, Setifikat IMB (ijin mendirikan bangunan untuk rumah tersebut), SPPT PBB (bukti pelunasan pajak bumi dan bangunan, jika anda membeli rumah pada Pemilik langsung), IPPT (tiap daerah memiliki nama yang berlainan untuk ijin pemanfaatan tanah yang disyahkan oleh Pemerintah Daerah setempat, jika anda membeli rumah pada Pengembang Perumahan).

Proporsi Kredit. Bank akan menerima permohonan KPR anda dengan syarat perhitungan cicilan anda tiap bulannya sebesar sepertiga (33%) dihitung dari pemasukan keuangan anda tiap bulannya. Apabila gaji anda tidak mencukupi syarat tersebut maka dapat ditambahkan dengan gaji suami/istri anda. Perhitungan 33% tersebut sudah termasuk dengan beban cicilan hutang anda pada Bank yang lainnya.

Jika semua syarat tersebut telah anda miliki jangan ragu lagi untuk memutuskan menggunakan KPR untuk memiliki sebuah hunian, yakinlah permohonan anda akan disetujui oleh Pihak Bank. (mas_fer)

 
8 Comments

Posted by on April 1, 2008 in property

 

Tags: ,

8 responses to “Strategi Pengajuan Permohonan Kredit Perumahan dengan KPR

  1. red_tyo

    November 24, 2011 at 9:43 am

    kalo bekerja secara frrelance berarti ga bisa ya mas untuk mengajukan kpr, yang ada hanya npwp, dan surat ijin profesi. ijin usaha tidak ada karena hanya melayani home visit.

    @red_tyo :
    Masih bisa mas..syarat KPR sebenarnya fleksibel, asal ada data pendukungnya..
    Karena saya tidak mengetahui profesi saudara, saya ambil contoh pengajuan KPR dari konsumen rumah yang tidak memiliki data pendukung lengkap.
    Profesinya sebagai pedagang di pasar tradisional. Data pendukung tambahan yang diminta pihak bank adalah Laporan Keuangan Sederhana dan Surat Keterangan dari Kepala Desa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang benar memiliki usaha di wilayah tersebut. Selanjutnya dari bank akan melakukan survey, apakah data tersebut benar dan orang tersebut layak untuk mendapatkan kredit.

     
  2. Jajang

    August 29, 2011 at 7:57 pm

    Sy sdh gak punya lg tabungan di bank, sudah 4 tahun ini uang gaji sy (5,7 jt/bln) sy sisihkan 1,5 jt/bln untuk dìsetorkan ke koperasi di ktr sy sbg simpanan modal koperasi, dan tercatat hanya berupa kwitansi sj, jd jika sy ingin mengajukan KPR, apakah ada kmungkinan tidak direalisasi karna tdak punya catatan rekening tabungan di bank ?. Trims ats prhatiannya.

    @ Jajang :
    catatan rekening tabungan tidak wajib sesuai dengan pendapatan, hanya sebagai pelengkap saja..
    pihak bank akan mensurvey kantor tempat anda bekerja unttuk memastikan data-data yang anda lampirkan sesuai..
    dengan gaji yang anda dapatkan kira-kira anda bisa mengajukan KPR dengan plafon Rp 200 jutaan selama 10-15tahun.

     
  3. eros oge

    February 16, 2011 at 6:35 am

    mz thank yach atas info nya tapi aq masih banyak pertanyaan nih mz tolong bantuannya

    @ eros oge :
    Makasih juga mas..

     
  4. Titik Husna

    April 21, 2010 at 4:00 pm

    mantaps,,,
    mari berternak property,,,
    hehhee

    @Titik Husna
    hehehe…mariiii…

     
  5. Victa

    January 12, 2009 at 5:47 pm

    Gak sengaja ketemu website-nya. Pa kabar?
    Email me

     
  6. aryodiponegoro

    November 26, 2008 at 10:25 am

    sipppp
    sudah mulai nulis…..

    salut!!!!

    salam buat temen2 di madiun…

     
  7. adi

    September 30, 2008 at 2:00 pm

    kalo bisa ga usah kredit tapi ada bantuan rumah atau hibah semacamnya biar bisa buat rumah bagi yang penghasilannya dibawah 1 juta, kayak aku masih tinggal ama mertua, karena ortuku termasuk korban gempa so ga bisa deh buat rumah…..

     
  8. risdania

    April 2, 2008 at 7:11 am

    wah,,,bener2 ahli property rupanya,,
    buat umum tuw ga bisa dapet subsidi yah mas?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: