RSS

Penataan Ruang bagi Penyandang Cacat dan Manula Berkursi Roda

27 Mar

disabledPenataan arsitektur meliputi berbagai aktifitas manusia, baik normal maupun yang memiliki kekurangan. Pada tulisan kali ini kami ingin memberikan masukan desain untuk kamar tidur dan kamar mandi untuk orang yang memiliki kekurangan fisik. Dalam hal ini yang orang yang memiliki kekurangan fisik dan para manula yang memakai bantuan kursi roda.

Kamar Tidur
Pada intinya penaaan kamar tidur sama saja dengan orang normal, tetapi perbedaannya adalah pada luasan ruang sirkulasinya. Kamar yang digunakan sbg contoh berukuran 3m x 3m.
-Ruang sirkulasi di depan pintu kamar minimal memiliki luasan area 152,4cm x 152,4 cm.
-Penggunaan pintu geser untuk memudahkan gerakan buka-tutup dan untuk menghemat ruangan. Lebar pintu usahakan >80cm
-Untuk memudahkan akses usahakan penempatan pintu dan ruang di sebelah tempat tidur sejalur.
-Space ruang sirkulasi antara tempat tidur dan dinding berjarak > 125m, berguna untuk memberi ruang untuk akses ke tempat tidur dan melakukan gerakan berputar. Menurut standart yang berlaku minimum area yang digunakan untuk kursi roda adalah 121,9cm x 121,9cm.

kr.jpg

Kamar Mandi

Seperti uraian diatas, untuk kamar mandi kita juga menggunakan ukuran-ukuran normal. Sbg contoh kamar mandi menggunakan ukuran 2m x 2m.
-Perletakan pintu kamar mandi juga sejalur dengan pintu kamar dan ruang sirkulasinya.
-Akses dari kamar menuju kamar mandi menggunakan ram dengan sudut sedatar mungkin.
-Ketinggian bibir bak kamar mandi ± 50cm dari lantai kamar mandi.

-Seperti halnya pada ruang tidur, space ruang sirkulasi antara bak/wc dan dinding kamar mandi berjarak > 125m, berguna untuk memberi ruang untuk akses ke kamar mandi dan melakukan gerakan berputar.
Kesimpulannya yang dibutuhkan adalah ruang sirkulasi yang memungkinkan untuk gerakan tubuh dan gerakan kursi roda. Tulisan diatas bukan standar perencanaan bagi orang yang memiliki kekurangan fisik yang berkursi tetapi berdasarkan pengalaman ketika mendesain untuk kasus diatas. (mas_fer)

 
6 Comments

Posted by on March 27, 2008 in arsitektur

 

Tags:

6 responses to “Penataan Ruang bagi Penyandang Cacat dan Manula Berkursi Roda

  1. Ferlandoriza Maherda

    July 7, 2009 at 1:34 am

    @ Aditya : memang kadang kaum difable luput dari perhatian kita, terutama untuk ruang2 public dan daerah2 komersial sangat kurang mendukung aksesibilitas untuk kaum difable…

     
  2. Aditya

    July 6, 2009 at 2:27 pm

    Wah bener banget tuh aksesibilitas bagi penyandang difabel memang sangat dibutuhkan… jadi mengispirasi saya untuk memposting tema ini…. Thanks Mas…

     
  3. Ayu

    September 24, 2008 at 10:39 am

    saya Ayu, mahasiswi UAJY. kebetulan untuk penulisan tugas akhir saya menganmbil judul “Industri garmen yang memperhatikan aksesibilitas pentandang cacat tubuh”. dalam perencanaan & perancangan selain memperhatikan kebutuhan aksesibilitas saya juga perlu memperhatikan bagai mana penataan ruang sehingga PenCa meski dalam keadaan tubuh yang kurang tetap dapat menghasilkan produktifitas yang optimal. judul tersebut saya angkat karena menurut penglihatan yang saya temui di induystri2 yang saya kunjungi hal2 tersebut kurang terperhatikan. nah yang mau saya tanyakan sebaiknya desain ruang produksi seperti apa yang mampu mewadahi semua itu??? untuk saran yang dibewrikan saya ucapkan terimakasih sebelumnya.

     
  4. ketty tiffany

    September 19, 2008 at 9:27 am

    saya mahasiswa semester akhir arsitektur universitas brawijaya. untuk judul skripsi saya mengambil topik aksesibilitas bagi penyandang cacat dengan studi kasus YPAC cabang malang. kalau boleh saya usul bisa tidak artikel yang dibuat juga mencakup penataan ruang untuk penyandang cacat pada ruang ruang publik, karena di Indonesia sangat minim aksesibilitas yang layak bagi penyandang cacat. terima kasih.

     
  5. risdania

    March 28, 2008 at 1:43 am

    wah,,memang sekarang penyandang cacat harus diperhatikan dalam hal desain,,
    terutama untuk fasilitas umum ya mas,,
    ayo bikin yang buat fasilitas umum mas,,

     
  6. Ferlandoriza Maherda

    March 27, 2008 at 6:11 am

    silahkan memberi komentar dan masukan…dengan senang hati kami akan menerima…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: